04 September, 2012

Baguskah vitamin C dosis tinggi untuk tubuh?

Asam askorbat atau yang biasa dikenal dengan vitamin C memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, salah satunya adalah sebagai antioksidan. Antioksidan merupakan zat yang sangat penting untuk tubuh dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas ini ada di sekitar kita, misalnya asap rokok atau ketika kita dalam kondisi sakit. Tubuh kita sebenarnya dapat menetralisir radikal bebas ini, namun, apabila jumlahnya terlalu berlebihan, kemampuan tubuh untuk menetralisirnya akan semakin berkurang. That's why terkadang kita membutuhkan asupan antioksidan dari luar.

Nah, saat ini banyak sekali produk vitamin C di pasaran, yang paling banyak dijumpai adalah vitamin C dosis tinggi 1000 mg. Mungkin salah satu dari kita sering mengkonsumsinya setiap hari :) Sebenarnya, as I know from some literature, recommended dose untuk vitamin C adalah 75 - 90 mg per hari. Nah lho, jadi apakah vitamin C dosis tinggi tersebut baik untuk diminum setiap hari? ;)

Pembahasan vitamin C ini sebenarnya pertama kali saya dengar sewaktu kuliah Biokimia di kampus. Saya pikir sangat bagus untuk share di blog saya ini karena banyak orang yang belum mengetahuinya.

Dalam tubuh, vitamin C akan dimetabolisme menjadi asam oksalat (lihat gambar alur metabolisme vitamin C di bawah ini).




Asam oksalat merupakan salah satu prekursor untuk terjadinya kidney stone (batu ginjal). Dosis tinggi vitamin C akan meningkatkan kadar asam oksalat dalam serum (darah) dan urin. That's why tingginya kadar asam oksalat akan memberikan peluang besar dalam terciptanya batu ginjal. Does it make sense? Gambar di bawah ini merupakan contoh batu ginjal (kalsium oksalat) yang terbentuk dari asam oksalat.

 

Jadi gimana dong? Gimana kalo sakit and butuh vitamin C dosis tinggi? Vitamin C dosis tinggi ini memang sangat baik dikonsumsi ketika tubuh sakit, misalnya ketika kita terserang radang tenggorokan atau flu berat. Pada kondisi tersebut radikal bebas banyak di tubuh dan tentunya tubuh akan membutuhkan antioksidan dari luar. Agar terhindar dari pembentukan batu ginjal, konsumsi vitamin C dosis tinggi harus diiringi dengan banyaknya konsumsi air putih. Urinasi yang tinggi akan mencegah pengendapan batu oksalat tersebut dalam ginjal kita. So, we should drink much water if we will take the high dose of vitamin C. 

Take care of your body, guys! See you on the next post :) Hope this information will be useful for you.

0 comments:

Post a Comment